Iklan

Bantu Memecahkan Masalah Pendidikan Saat Ini; BEM FKIP UMMAT Sukses Menyelenggarakan WEBINAR Nasional

Dok. Pada saat kegiatan berlangsung.

Mataram-Dimensi. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) berhasil menyelenggarakan kegiatan WEBINAR Nasional dengan tema “Evaluasi dan Refleksi Satu Tahun Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Dunia Pendidikan” Yang bertujuan untuk membahas masalah pendidikan pada masa pandemi Covid-19. (15/02/2021).

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Namun kehadiran pandemi covid-19 mempengaruhi dunia pendidikan. 

Dalam sambutannya pada pembukaan webinar Afrizal selaku ketua BEM FKIP UMMAT menyampaikan “Melihat kondisi di tengah Pendemi Lembaga kemahasiswaan mempunyai inisial untuk menyelenggarakan kegiatan Webinar sebagai wadah yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pandemi mempengaruhi Dunia pendidikan di Indonesia khususnya di NTB baik itu secara nalar maupun akademik, Webinar Nasional ini bertujuan menemukan masalah yang biasanya timbul kemudian menentukan strategi, konsep dan langkah alternatif terbaik untuk pendidikan baik dari pelosok negeri maupun yang di kota untuk mengoptimalkan sistem pendidikan” Jelasnya. 

Kegiatan WEBINER Nasional ini juga bekerja sama dengan BEM FKIP UNRAM, dan Lembaga Kemahasiswaan SE-FKIP UMMAT.Webinar yang di hadiri oleh Narasumber Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr. Sri Rezeki M.Pd dan Nazmul Wathan S.Pd Webiner kali ini di harapkan mampu menghadirkan solusi yang cerdas untuk keberlangsungan pendidikan saat ini.

Dalam menyampaikan materi Eksistensi dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19, Nazmul Wathan S.Pd., M.Sc. menyampaikan “permasalahan-permasalahan pendidikan yg dihadapi saat ini, diantaranya gangguan koneksi internet, mahalnya biaya internet, interaksi secara langsung yg kurang serta tidak semua peserta didik memiliki media pembelajaran online” Jelasnya.

Nazrul Wathan .,S.P.,M.Sc. selaku narasumber Webiner menyampaikan “Untuk menghadapi persoalan-persoalan pendidikan saat ini memang tidak ada metode yg benar-benar tepat namun kita harus bekerjasama, saling bergandengan tangan dan tidak menuduh siapa yg salah karena keadaan saat ini” Ujarnya. 

Dari ketiga Narasumber menawarkan beberapa solusi yang dapat diterapkan yaitu membuat formulasi cara pembelajaran yang baik dengan metode online dan offline dengan tetap mentaati protokol kesehatan untuk menjaga keseimbangan belajar peserta didik. (Embun).

Post a Comment

0 Comments