Iklan

Dosen Prodi Bisnis Gandeng Mahasiswa Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Dok. Pada saat kegiatan berlangsung.

Lombok barat. Dimensiummat.com. 
Sejumlah Dosen Prodi Bisnis Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), menggandeng beberapa mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat, dalam rangka pelatihan upaya peningkatan pemahaman tentang pentingnya pencatatan pembukuan dan keuangan terhadap Usaha Kerajinan ketak dengan di desa Batu Mekar Lingsar Lombok barat. Sabtu, 27 Maret 2021.

Mengingat banyak sekali potensi serta problematika perkembangan usaha kerajianan ketak ini, sejumlah pengrajin menyampaiakan keluh kesah dan cerita singat mengenai hal tersebut. 

 Raiman selaku kadus setempat menyampaikan bahwa "sebenarnya kegiatan semacam ini memang adalah sesuatu yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat batu ketak, mengingat perkembangan usaha kerajinan ini dinilai tidak memiliki progress yang signifikan sejak lama." Ujarnya.

Bagaimana tidak, lanjut Raiman, yang menjadi pengepul atau pengelola hasil produksi kerajinan ketak sendiri hanya terfokus pada orientasi produksi, namun tidak sedikit memberi pemahaman mengenai pencataan pemnbukuan dan keuangan. 

Pada sambutan tersebut disampaikan juga mengenai progress dan cerita singkat mengenai perkembangan usaha kerajinan ketak di desa batu mekar yang dimana sejak tahun 80an ini.

Dedy Iswanto yang merupakan salah satu dosen pendamping pelatihan dalam sambutannya menyampaikan motivasi, untuk masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan pencataan pembukuan dan keuangan, agar mulai membentuk kelompok usaha secara mandiri dan pastinya harus siap menghadapi permintaan yang pesat, setelah mengikuti pelatihan dan tentunya siap bersaing di kancah nasional dan internasional .

Tidak hanya itu ibu Nurul Hidayati Indra Ningsih yang bertindak sebagai ketua dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini juga menyampaikan bahwa meski hidup di pelosok tidak boleh kalah apa lagi ketinggalan jaman "mengingat potensi yang di miliki desa batu mekar ini sangat besar, harapannya setelah melakukan pelatihan ini akan banyak progress yang dicapai oleh kelompok ini agar tidak kehadirannya dinilai tidak sia-sia," ujarnya

Dalam memulai usaha itu tentunya tidak hanya menciptakan sebuah produk yang bagus, namun hal yang paling penting untuk menunjang perkembangan usaha itu adalah pencataan pembukuan dan keuangan supaya kita mengetahui selisih jumlah pengeluaran dan pemasukan, usaha yang dijalankan agar seluruh rangkaian kegiatan usaha bisa selaras dan terarah, sebab salah satu penyebab tidak berkembangan suatu usaha itu adalah kurangnya pengetahuan dan abai terhadap proses pembukuan dan keuangan. Tambah ibu baiq Reynalda tri yuniarni yang merupakan salah satu dosen pendamping dalam kegiatan pelatihan. 

Kehadiran pihak UMMAT ini seperti sedang memberikan angin segar bagi para pengrajin yang selama ini sedang di ambang kebingungan dimulai dari aspek permodalah, produksi hingga pemasaran 

Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut, hal ini diungkapkan oleh salah satu warga "kehadiran dari pihak UMMAT ini sangat membantu kami, hingga kami mengerti dan paham tentang digitalisasi agar kami bisa meraup dan memperkenalkan produk kami secara luas,"ungkap ibu sri salah satu pengrajin

Melakui kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberi effect yang kongkrit bagi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat batu mekar lingsar Lombok barat, sehingga bisa berdaya saing dan tentunya bisa mewujudkan kemandirian dalam berwirausaha. (Rakus).

Post a Comment

0 Comments