Iklan

Mahasiswa PKL UMMAT dan BPP Woja Kolaborasi Buat Sepeda Tabela

 

Dok. Saat pembuatan sepeda tabela.

Mataram-Dimensi. Solusi cerdas untuk kemudahan bercocok tanam padi Mahasiswa Praktek Kerja Lapang (PKL) Universitas Muhammadyah Mataram (UMMAT) dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Woja kolaborasi membuat alat Sepeda Tabela (Tanam benih langsung). Selasa, 02 Maret 2021.

Dengan bahan yang sederhana dan mudah di dapat Alat ini menjadi cara artenatif untuk memudahkan para petani pada saat melakukan tanam padi baik dari efisiensi waktu hingga pembiayaan yang tidak terlalu memakan biaya.

Pak Nurdin, SST selaku pegawai di BPP Woja menjelaskan, Alat ini sebagai rekayasa alat dalam membantu para petani, karena di lihat dari banyaknya anggaran yang sering kali petani keluhkan dengan sistem tanam pindah, kemudian sebagai mengurangi juga sistem tanam tradisional (pari cera) yang tidak ada jarak tanam.

"Alat ini dengan di atur sedemikan rupa dengan pola tanam sistem jajar legowo, jarak tanam sudah di ukur kemudian benih yang jatuh sudah di ukur", jelasnya Pak Kaharudin, SST

Julkarnain, selaku ketua dalam kelompok Mahasiswa PKL itu mengungkapkan, alat ini sangat membantu untuk keberlangsungan pola tanam yang sesuai dengan prosedur pertanian. (Joker).

Post a Comment

0 Comments