Iklan

Pemerintah Desa Soriutu Salurkan Bansos Berupa Kambing

Dok. Kepala Desa Soriutu, Aidin.

Dompu-Dimensiummat.com. Sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Desa Soriutu Kecematan Manggelewa Kabupaten Dompu memberikan bantuan non tunai berupa hewan ternak, kambing dengan sistem bergulir. Senin, 22 Maret 2021. 

Dengan pembagian kelompok sejumlah 10 kelompok yang di tentukan oleh pemerintah desa, setiap kelompok terdapat 5 orang dengan masing-masing kelompok mendapatkan 2 ekor kambing sehingga total 50 orang dari 10 dusun.

Setelah kambing melahirkan, anaknya akan dibagikan kepada orang lain yang belum mendapatkan bantuan demikian (Sistem bergulir red.). Tentu atas dasar hasil pertimbangan pemerintah desa hal ini diungkapkan oleh Aidin, selaku kepala Desa soriutu.

"Kita sendiri yang merekomendasi dengan didampingi oleh kepala dusun sebagai bentuk pengawasan dikawasannya sendiri." Ujarnya. 

Selain itu pemerintah desa juga sudah mempersiapkan semuanya keperluan kesehatan (Dokter hewan) sebagai upaya penanganan adanya timbul penyakit pada hewan ternak.

Tentu bantuan yang di salurkan tersebut hanya yang layak untuk mendapatkan sesuai dengan kondisi hidup masyarakat. Selain itu ada juga yang mendapatkan bantuan berupa BLT (Bantuan langsung tunai red.) dan PKH (Program keluarga harapan red.). "Berdasarkan dari hasil survei oleh ketua kelompok dan diikuti oleh para kepala dusun yang disahkan oleh kepala desa." Imbuhnya.

Menanggapi hal demikian. "Sebagai BPD (Badan Permusyawaratan Desa red.) kami juga sudah mengecek setiap kelompoknya dan membenarkan bahwa pemerintah desa sudah merealisasikan bantuan sosial non tunai lewat kelompok kambing sistem bergulir seperti apa yang disampaikan oleh pak kades." Ungkap Sahril, A.Ma selaku BPD Soriutu. 

"Sekalipun demikian kita tetap mengawasi bersama masyarakat bagaimana keberlanjutan dari program tersebut dan sejauh mana efektifitasnya bagi masyarakat." Lanjutnya.(Jupen).

Post a Comment

0 Comments