Iklan

Upaya Penanganan Kenakalan Remaja, Mahasiswa KKN UMMAT Adakan Seminar

Dok. Pada saat kegiatan Seminar berlangsung

Mataram-Dimensiummat.com.
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) bersama SDN Sai dan SMKN 2 Soromandi Menyelenggarakan Seminar Narkoba dan Pernikahan sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjauhi narkoba dan pernikahan dini. (4/4/2021)

Seminar itu berlangsung di desa Sai, adapun tema yang di angkat "Perangi Narkoba dan Stop Pernikahan Dini di Desa Sai Demi Terbentuknya Generasi Bangsa yang Gemilang" merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sesungguhnya generasi merupakan aset dan harta termahal yang harus di jaga oleh seluruh lapisan masyarakat. Generasi juga merupakan tulang punggung negara dan calon pemimpin masa depan maka harapan besar generasi menjauhi narkoba dan harus lanjutkan pendidikan yang berjenjang agar biasa berkarir di berbagai bidang baik pendidikan, politik, hukum dan lain-lain.

Dalam penyelenggaraan  kegiatan ini Mahasiswa KKN-DIK tidak mempunyai tanggung jawab secara akademis dalam menyenggarakan agenda tersebut, baik beban finansial maupun moral karena dalam kurikulum dan aturan KKN-DIK di FKIP UMMAT hanya menyelenggarakan kegiatan di sekolah saja dan bahkan nilai sepenuhnya berada di sekolah yang menjadi tempat kuliah kerja nyata dan pendidikan.

Namun Mahasiwa KKN-DIK memiliki inisiatif dan menyadari bahwa tanggung jawab sebagai mahasiswa dan hasil pendidikan kampus, pengalaman di tanah rantauan serta menyadari ilmu yang bermanfaat harus di edukasi di akar rumput itu sendiri.

Ketua Tim KKN DIK Gabungan SDN Sai dan SMKN 2 Desa Soromandi Afrizal menyampaikan.  "Agenda seminar seperti ini merupakan Dakwah amal makruf nahir mungkar moderen yang harus dilakukan oleh kita semua. Agenda seminar ini juga di rangkaikan dengan panampilan tarian dari Siswa SDN sai dan siswa  SMKN 2 soromandi yang merupakan hasil dari didikan tim KKN-DIK kurang lebih waktu 2 pekan ini." Ujarnya saat diwawancarai wartawan Dimensi.

"Saya ucapkan terimakasih kepada adik-adik KKN-DIK yg telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini dan khususnya kepada masyarakat Desa Sai yang begitu luar biasa dalam menyukseskan agenda seminar ini. semoga melalui agenda ini kita semua mengambil bagian penting dalam merawat dan menjaga diri masing-masing serta generasi yang ada di Dsa Sai." Ujar Amirudin selaku Kepala Desa Sai.

"Sesungguhnya proses untuk mencegah narkoba tidak bisa dilakukan satu sisi namun membutuhkan gandengan tangan dari berbagai kalangan untuk menghentikan atau mengurangi pemakaian narkoba." Lanjutnya

Di akhir sambutannya Afrizal menyampaikan terimakasih  yang sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Sai Amirudin S.H., Ketua BPD Ikbal S.Pd., DPRD Dapil 3 Kabupaten Bima, dan masyarakat Desa Sai yang telah mendukung dan mengorbangkan moral dan morilnya dalam menyukseskan agenda ini. (Embun) 

Post a Comment

0 Comments