Iklan

Tanamkan Pemahaman Soal Legislatif, DPM Fisipol Adakan Sekolah Legislatif

Dok. Dimensi saat kegiatan berlangsung di Aula Fisipol UMMAT lantai III.

Mataram-Dimensiummat.com. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) sukses adakan sekolah legislatif dalam hal ini untuk menumbuhkan semangat keorganisasian mahasiswa. Kamis, 1 Juli 2021.

Kegiatan itu mengangkat tema "Revitalisasi Peran Organisasi Mahasiswa dalam Memahami Fungsi Legislatif".

Pada selasa 29 Juni 2021. Kegiatan yang berlangsung di Aula FISIPOL UMMAT Lantai III tentu dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19.

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh 12 organisasi internal kampus UMMAT diantaranya adalah DPM Teknik, DPM Pertanian, DPM FIK, DPM FKIP , DPM FAI, IMM FISIPOL, BEM FISIPOL, HIMIP, HMPS AP, HIMABI dan HMIP.

Selain dari organisasi mahasiswa ikut dihadiri juga oleh beberapa dosen.
Muhammad Ali selaku dekan FISIPOL yang sekaligus membuka kegiatan, Dedi Iswanto selaku Wakil Dekan I FISIPOL, Amin Saleh selaku Wakil Dekan II FISIPOL, Ayatullah Hadi selaku Kaprodi Ilmu Pemerintahan dan sebagai Pemantik Romi Rahman, selaku anggota DPRD Komisi 1 Lombok Barat.

Pada saat di wawancarai oleh salah satu Wartawan Dimensi. Muhamad Tayeb selaku Ketua Umum DPM FISIPOL ia menuturkan.

"Dengan adanya agenda ini untuk mengembalikan semangat keorganisasian mahasiswa dalam merespek segala bentuk situasi yang terjadi di tengah pandemik," kata Muhamad.

"Kebanyakan Mahasiswa yang ikut terlena dalam ikut nimbrung dalam kegiatan aksi nyata tanpa memahami dasar dari persoalan yang terjadi," lanjutnya.

Dengan hadirnya Sekolah Legislatif setidaknya mahasiswa bisa memahami  kinerja dan fungsi lembaga legislatif itu dalam situasi sekarang seperti apa dan bagaimana alur kinerjanya.

Latar belakang di angkatnya tema tersebut sebagai tolak ukur mahasiswa dalam mengambil sikap dan memahami dewan legislatif, apakah hanya membuat kebijakan undang-unndang, ataukah ada tugas-tugas lain yang lebih diprioritaskan dan menjadi perbandingan di legislatif skala pemerintah dan legislatif skala kampus.

Karena melihat mahasiswa yang ikut terlibat dalam lembaga di lingkungan Kampus belum memahami betul fungsi dan tugasnya sehingga melalui kegiatan ini kita memiliki Narasumber yang berpengalaman dan mengupas tuntas terhadap tema yang diangkat.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mempunyai pondasi dasar dalam berorganisasi khususnya di lembaga legislatif atau di dewan perwakilan mahasiswa.

Dipantau oleh salah satu wartawan Dimensi, kegiatan ini dimulai dari Pukul 08.30 Wita. Pembukaan hingga berakhir pada pukul 10.45. (Wace).

Post a Comment

0 Comments