Iklan

Minimnya Peneliti Muda, Mahasiswa FISIKA Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi, Sebagai Calon Peneliti Muda

 

Dok. Usai kegiatan berlangsung.

Mataram-Dimensiummat.com. Minimnya jumlah peneliti muda di Indonesia, sehingga Himpunan Mahasiswa Program Studi FISIKA (HMPS-FISIKA) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), antusias adakan kegiatan pelatihan, dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon peneliti muda, dengan tema. "Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa, Sebagai Calon Peneliti Muda di Era Revolusi Industri 4.0". Kamis, 16 Desember 2021.

Kegiatan ini berlangsung di Aula FKIP, dimulai dari jam 07: 30 sampai 12: 00, tentu dengan mematuhi protokol Covid 19.

Pelatihan itu diselengarakan, untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Fisika, dalam meningkatkan kompetensi penelitiannya sebagai calon peneliti muda dalam ilmu Fisikawan.

Acara tersebut dihadiri oleh Agus Harianto, selaku Wakil Dekan 2 sekaligus yang membuka acara. Kemudian seluruh lembaga kemahasiswaan di FKIP, yakni. BEM, DPM, IMAHAGI, HMPS SEJARAH, HMPS-PGSD, HMPS PPKN, HMPS MATEMATIKA, HMPS BAHASA INGGRIS, HMPS PBSI.

Dengan diselenggarakannya acara tersebut, untuk mempromosikan program studi FISIKA sendiri, dalam pencarian minat dan bakat terhadap siswa atau siswi di kalangan SMA dan MA, agar bisa bergabung di program studi FISIKA UMMAT pada era revolusi industri 4.0.

Kaprodi FISIKA sangat bangga terhadap anggota dan Ketua HMPS, terlebih Panitia penyelenggara, dalam sambutannya Islahudin menyatakan. “Saya sangat senang dan berterimakasih kepada HMPS FISIKA dan Panitia atas terselenggaranya kegiatan ini, yang tidak luput dari dukungan Fakultas dan dosen-dosen dari FISIKA sendiri. "Tuturnya.

Dana dari kegiatan inipun tak luput dari bantuan pihak Fakultas dan Kaprodi itu sendiri. "Dana terselenggaranya acara ini ditambahkan juga oleh pihak Fakultas lalu kami selaku pihak Kaprodi sendri." Lanjutnya.  

Maka dari itu, Islahudin memaparkan harapannya. "Sebagai Kaprodi, semoga mahasiswa-mahasiswa FISIKA bisa berkembang dalam proses pembelajaran dan pengembangan penelitian Fisikawannya, tambah meluas dan meningkat sehingga kedepanya jumlah mahasiswa FISIKA semakin bertambah." Jelasnya.

Dalam hal ini, Syarif Hidayat selaku Ketua HMPS-FISIKA, menyatakan. “Dengan terselenggaranya kegiatan, itu semua karena kekompakan dan kebersamaan kami sendiri di HMPS-FISIKA, walaupun jumlahnya sedikit tapi silaturrahmi dan ikatan saudara sangatlah kuat dan terjaga." Terangnya.

Pada acara ini ditambahkan materi tentang pemahan Pengembangan  Penelitian dalam Fisikawan, yang di sampaikan oleh dua pemateri, yaitu Khairil Anwar dan Siti Alaa.

Sebagai penutup acara, ada pemberian piagam penghormatan kepada pemateri oleh Islahudin. (Sambora).



Post a Comment

0 Comments