Iklan

Dorong Penguatan Ekonomi BUMDes, Prodi Administrasi Bisnis Melakukan Pengabdian

 

Foto saat kegiatan berlangsung.

Mataram-Dimensiummat.com. Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melakukan pengabdian masyarakat, guna sebagai upaya untuk mewujudkan tata kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui manajemen keuangan BUMDes dan penguatan ekonomi menuju desa mandiri. Kamis, 7 Juli 2022

Lokasi pengabdian dilaksanakan di desa Midang Kecematan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Uraian kegiatan ini terdiri dari; pertama, menjelaskan menjelaskan tentang pentingnya akuntansi dan proses akuntansi. Kedua, pelatihan menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi. Ketiga, praktik menyusun laporan keuangan sesuai petunjuk BPKP.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dengan melakukan pendampingan secara intensif. Dalam pengabdian itu diikuti itu oleh pengurus desa khususnya BUMDes dari bendahara pengawas BUMDes, pemerintah desa dan elemen masyarakat pengguna BUMDes dan juga melibatkan sejumlah dosen dan mahasiswa. Nurul Hidayati Indra Ningsih, SE., MM, sebagai ketua penelitian menjelaskan pada senin 4 Juli lalu, penelitian ini sebagai upaya untuk mendorong pergerakan ekonomi desa yaitu melalui kewirausahaan desa Dengan melibatkan sejumlah mahasiswa. 

Adapun metode pelaksanaan ; Pertama, persiapan pelaksanaan meliputi persiapan administrasi berupa: perijinan, rekruitmen peserta kegiatan dan pembantu pelaksana, koordinasi dengan daerah sasaran dan Pembekalan Kegiatan pra kegiatan pengabdian pada masyarakat kepada tim.

Kedua, edukasi mengenai pentingnya akuntansi untuk mengasilkan laporan keuangan bagi pengelola BUMDes untuk menghasilkan informasi yang diperlukan oleh pihak internal Pengelola BUMDes (pengawas, dewan komisaris, pengelola) ataupun pihak eksternal (pemerintah kabupaten, masyarakat, bank), dan bagaiamana manajemen keuangan yang baik untuk pengelolaan BUMDes pemberian teori menggunakan media proyektor LCD dan pembagian modul.

Ketiga, pelatihan dan Praktek, Langkah selanjutnya setelah dilakukan penyuluhan adalah melakukan latihan praktek terkait penyusunan laporan keuangan BUMDes yang sederhana, penyusunan jurnal umum, laporan kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan, menggunakan modul petunjuk penyusunan laporang keuangan sesuai BPKP, buku besar dobel folio dan laptop (aplikasi Microsoft excel).

Keempat, pendampingan, Setelah kedua tahap dilakukan, tahap terakhir yang dilakukan oleh Tim PKM yaitu pendampingan kepada pengelola BUMDes Desa Midang Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok barat. Pendampingan dilakukan oleh Tim PKM untuk mengetahui keberhasilan program yang ditawarkan. Proses pendampingan dilakukan dengan cara diskusi antara tim dengan mitra. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh mitra selama melakukan penyusunan laporan keuangan. (Wacar)

Post a Comment

0 Comments