Iklan

Mahasiswa UMMAT Perlu Tahu Arti Lambang dan Sejarah Muhammadiyah

Logo Muhammadiyah

Oleh : Muhamad Ridwan

Lambang Muhammadiyah kerap ditemukan di lembaga pendidikan, kesehatan, panti asuhan, dan beberapa tempat lainnya. Lambangnya yang berbentuk matahari ini memiliki arti tertentu. Apa arti lambang Muhammadiyah?

Organisasi Muhammadiyah merupakan organisasi massa di Indonesia yang didirikan pada 8 Dzulhijjah 1330 H/18 November 1912. Menurut buku Muhammadiyah Gerakan Pembaruan karya Dr. Haedar Nashir, M.Si (2010: 21), organisasi atau lembaga di bawah naungan Muhammadiyah banyak bergerak di bidang pendidikan, dakwah, pengembangan ekonomi, amal, seni, hingga olahraga.

Muhammadiyah pertama kali didirikan oleh Muhammad Darwis yang kemudian dikenal dengan KH. Ahmad Dahlan. Selain berprofesi sebagai pedagang, beliau merupakan seorang khatib di Kraton Yogyakarta.

Sejarah Lambang Muhammadiyah

Lambang Muhammadiyah diciptakan oleh KH. Ahmad Dahlan di awal pendirian organisasi ini. Lambangnya berbentuk matahari dengan dua belas sinarnya yang berwarna putih. Di tengahnya terdapat tulisan "Muhammadiyah" yang dikelilingi dua kalimat syahadat dan berlatar warna hijau.

KH Ahmad Dahlan memiliki alasan tersendiri soal warna latar tersebut. Menurut beliau, warna hijau adalah warna yang selalu ditawarkan Allah SWT kepada umat Muslim yang senantiasa melaksanakan amal shalih.

Pernyataan tersebut tercermin dalam Surat Ar Rahman ayat 76, Surat Al Insan ayat 21, dan Surat Al Kahfi ayat 31 yang artinya sebagai berikut.

Artinya: Mereka bertelekan (bersandar) pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. (QS Ar Rahman ayat 76)

Artinya: Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. (QS. Al Insan ayat 21)

Artinya: Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat-istirahat yang indah. ( QS. Al Kahfi ayat 31)

Arti Lambang Muhammadiyah

Berikut arti lambang Muhammadiyah yang dirangkum dari buku Muhammadiyah dalam Perspektif Sejarah dan Organisasi oleh Mahsyar Idris DKK (2019: 88).

Bentuk matahari

KH Ahmad Dahlan menginginkan Muhammadiyah menjadi wadah yang bisa menyinari hati (mencerahkan) umat manusia melalui ajaran Islam yang berlandaskan Alquran dan Sunah.

Selain itu, lambang matahari juga mengandung harapan terciptanya masyarakat yang beriman, berbudi pekerti luhur, jujur, adil, menghormati dan mencintai sesama manusia, serta beramal shalih.

Tulisan Muhammadiyah

Makna tulisan ini adalah organisasi Muhammadiyah berasal dari orang-orang yang ingin mengikuti Sunah Nabi Muhammad SAW.

Dikelilingi dua kalimat syahadat

Dua kalimat syahadat yang melingkari tulisan "Muhammadiyah" bermakna bahwa orang-orang Muhammadiyah ingin menegakkan tauhid dan menjadi pengikut Rasulullah SAW.

Sinar matahari berwarna putih

Warna putih merupakan warna yang disukai Rasulullah. Selain itu, putih melambangkan kesucian dan keikhlasan para pengikut Rasulullah SAW.

Post a Comment

0 Comments