Iklan

FKIP UMMAT Melakukan Penandatanganan dengan 60 Sekolah yang ada di Lombok

Sumber : Dokumentasi Dimensi

Mataram, Dimensiummat.com-
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja sama FKIP UMMAT dengan mitra program PLP 1 tahun 2023,bertujuan untuk menguatkan kerja sama FKIP dengan sekolah - sekolah, agenda tersebut di laksanakan di Aula FKIP UMMAT. Kamis, 23 Februari 2023.

FKIP UMMAT bekerja sama dengan 60 sekolah yang ada di pulau Lombok, 35 sekolah di antaranya di hadirkan hari ini di aula FKIP UMMAT, untuk menanda tangani perjanjian kerja sama FKIP UMMAT dengan mitra program PLP 1 tahun 2023.

Tujuan di adakan agenda tersebut, adalah untuk menguatkan Kerja sama yang dulu, bahkan sudah expired (Kedaluwarsa, Red) waktunya, dan untuk mengimplementasi kan kepada mahasiswa melaksanakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP)1 di sekolah-sekolah tersebut, sehingga tidak ada penolakan ketika mahasiswa di tugaskan PLP 1 di sekolah, karna memiliki bukti kerja sama FKIP UMMAT dengan sekolah tersebut.

Bidang Kerja sama ini berkaitan dengan kegiatan penguatan penelitian dan pengabdian, sehingga dosen-dosen bisa melakukan penelitian dan mahasiswa yang akan skripsi bisa membuat penelitian di sekolah tersebut.

Mekanisme sebelum mengadakan kerja sama dengan sekolah yaitu berkoordinasi bidang kerja sama apa yang penting di lakukan, tentunya dalam kerja sama itu saling  menguntungkan, sehingga harus di pertimbangkan dalam hal bidang apa yang akan saling menguntungkan

Keuntungan dari sekolah itu adalah, adanya, inovasi, metode belajar baru yang di bawa oleh mahasiswa, ketika melaksanakan PLP, kemudian keuntungan kampus dalam hal ini, adalah memiliki tempat praktik mahasiswa.

Kemudian Nizar selaku Dekan FKIP menuturkan bahwa, pihak sekolah merasa senang, dan menguntungkan bagi mereka, serta mengetahui hal baru, yang selama ini mereka belum tahu.

" Tadi pihak sekolah merasa senang hadir di sini, mereka di untungkan dengan dokumentasi kerja sama itu, untuk ada bahan dokumentasi akreditasi dan yang lainnya. di sampaikan pula oleh kepala sekolah tadi, mereka baru tahu bahwa kampus UMMAT, UNIRENK (Peringkat universitas, Red) nya tidak jauh berbeda dengan UNRAM, dan Universitas Hamzanwadi (red), sehingga levelnya itu tinggi, lebih tinggi dari pada semua kampus swasta di Nusa Tenggara Barat(NTB), sehingga mereka bangga bekerja sama dengan kita," tutur Nizar.

Kemudian Nizar menjelas kan juga, bahwasanya PLP 1 hanya di daerah Mataram dan Lombok Barat, menimbang mahasiswa pulang pergi dari kos menuju sekolah yang di tugaskan.

" PLP 1 adalah Pengenalan Lingkungan Persekolahan, jadi mengenal sekolah saja, mengamati, observasi, dan mencari data, kemudian karna PLP 1 di laksanakan 14 hari, dan mahasiswa itu pulang pergi, kos dan sekolah yang di tugaskan, tidak menginap, sehingga kami hanya memberikan tugas di daerah Mataram dan Lombok Barat saja, agar dapat di jangkau oleh mahasiswa ", jelas Nizar.

Salah satu kepala sekolah yang mengikuti agenda tersebut, bunda HJ. Wardatul dari SMPN 2 Labu Api memberikan tanggapan nya, terkait dengan kerja sama sekolah nya dan FKIP UMMAT.

" alhamdulillah Kerja sama kami dengan UMMAT ini banyak sekali, mulai dari PPG, PPL, kemudian pelaksanaan observasi. Di samping saya sebagai kepala sekolah, dengan adanya kegiatan ini saya bisa mengevaluasi guru - guru saya, kegiatan - kegiatan di sekolah, kemudian siswa - siswa saya," Ucap HJ. Wardatul. Erlin 

Post a Comment

0 Comments