Iklan

Adaptasi perkembangan teknologi, HMP IPB NTB Adakan Pelatihan Machine Learning

Saat Praktek Mechine Learning Menggunakan R Studio

Kebutuhan akan era perkembangan teknologi mendorong dari semua kalangan untuk bisa beradaptasi dengannya. Salah satunya Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) IPB-NTB, organisasi perkumpulan bagi Mahasiswa Pascasarjan IPB yang berasal dari Nusa Tenggara Barat ini  mengadakan kegiatan Webinar Pelatihan dengan tema "Hand on Mechine Learning, Concept and Implementation (Penerapan pada bidang Pertanian, Karbon dan Kesehatan)". Kamis, 28/09/23.

 

Kegiatan melalui virtual zoom meeting tersebut bertujuan untuk menambah wawasan bagi Mahasiswa HMP IPB NTB untuk memahami cara kerja Mechine Learning dengan kemampuan mempelajari informasi baru dari data dan mengembangkan kemampuan mesin untuk memecahkan suatu masalah. 

 

“Kami melihat Machine Learning jadi suatu kebutuhan apalagi ditengah menjamurnya perkembangan AI diberbagai bidang. Yang kita ketahui jika AI adalah otaknya komputer, maka Mechine Learning adalah saraf-sarafnya,” kata Wahyu Adi Guna selaku Ketua HMP IPB-NTB.

 

Lebih lanjut, Ketua HMP IPB NTB menyebutkan bahwa kebutuhan pengetahuan tentang Machine Learning bukan hanya untuk mahasiswa statistik namun pada berbagai bidang kini sangat dibutuhkan lantaran kebutuhan akan pengolahan data yang begitu cepat dan hasil yang sangat akurat.

 

Selain itu, telah banyak penelitian yang telah menggunakan Mechine Learning tersebut. Saat berlangsungnya Webinar, peserta juga menanyakan terkait hal yang sejalan dengan penelitiannya. 

 

Oleh karenanya HMP IPB-NTB berinisiatif untuk bisa memahami konsep dan penerapan dari Machine Learning  sebagai bekal untuk pengetahuan yang bisa diterapkan di penelitian dan di tengah kehidupan masyarakat atau lainnya.

 

Hal demikian senada dengan apa yang disampaikan oleh pemateri Bapak Lukmanul Hakim, S.stat, M.Si, "Mau tidak mau kita harus banyak mempelajari tentang tool ini, karena berkaitan dengan data. Dan data ini merupakan salah satu hal yang paling penting dan bahkan banyak orang yang menyebutkan lebih mahal daripada emas karena dari data ini bisa mencerminkan bagaimana prospek kedepannya", pungkasnya saat memberi materi. 

 

Pak Lukmanul Hakim merupakan salah satu dosen sains data di Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) dan kini tengah melanjutkan studi di prodi statistik terapan IPB University.

 

Sebagai data scientist, ia juga banyak memegang projek di berbagai perusahaan hingga sekarang. Pengalamannya diberbagai banyak penelitian dan projek sehingga Lukmanul Hakim sangat memumpuni Mechine Learning.


Foto Bersama Peserta Pelatihan

Webinar yang dipandu oleh Moderator Rias Ratri Novita, berjalan dengan baik dan peserta menikmatinya yang ditandai dengan banyaknya respon peserta untuk berdiskusi di pelatihan tersebut. 

 

Dari pelatihan tersebut diterapkan sebanyak 3 metode yang dipelajari oleh peserta dan sangat interaktif. Kedepannya panitia akan mengadakan pelatihan lanjutan yang lebih intensif karena menurut pemateri dalam satu metode saja bisa memakan waktu sampai satu hari

 

Akhirnya pelatihan yang sangat bermanfaat bagi peserta tersebut diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan sesi foto bersama.

Post a Comment

1 Comments