Iklan

Petani di Gaji atau Krisis Pangan dan Gizi

Foto penulis 

Oleh : Widodo

Indonesia adalah salah satu negara yang dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan serta beriklim tropis tentu akan sangat banyak tanaman atau tumbuh tumbuhan yang dapat di tanam di negri yang gemah rimpah loh jinawi ini.

Petani adalah orang yang dengan ikhlas mengeluarkan segala kemampuan yang ada untuk memenuhi kebutuhan pribadi, kelompok, bahkan untuk negara begitu besarnya, meraka tidak pernah mengharapkan imbalan ataupun gaji mereka hanya ingin jerih payahnya di hargai dengan harga yang layak.

Era sekarang berkembang begitu pesat,sekarang anak anak muda merasa profesi petani adalah profesi yang rendah karna tidak pernah di hargai dengan layak jerih payahnya.

Dihari tani nasional ini saya ingin mengusulkan petani harus punya gaji sebagai upaya untuk mempertahankan kemandirian indonesia tahun 2023 kumparan melakukan merilis/ survey tingkat peminatan gen z terhadap profesi petani ternyata dari 1 sampai 100% anak muda gen z, hanya 6% anak muda yg menyukai dunia pertanian atau profesi petani, ini menandakan indonesia dimasa yg akan datang krisis petani muda.

Pangan merupakan sumber kehidupan umat manusia jika rakyat sudah tidak ada minat lagi terhadap pertanian lantas pertanyaannya dimana kita bisa mendapatkan sumber makanan.

Belum lagi sekarang indonesia menghadapi perubahan iklim atau yg di sebut fenomena el nino, justru ini akan berdampak pada produktivitas hasil pertanian di seluruh wilayah di indonesia, beberapa bahan pangan akan naik harganya dan tak terbendung, sekarang beras harganya naik sedikit sudah pada ribut dimana mana.ini menandakan drastisnya penurunan produktivitas hasil pertanian di indonesia.

Gizi erat kaitannya dengan makan yang sehat yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan air. Artinya yang memiliki kandungan zat gizi yang seimbang bagi tubuh manusia, pada dasarnya manusia tidak bisa terlepas dari yg namanya makanan,pola makan yang baik harus di konsolidasikan dengan masif oleh perintah baik pemerintah pusat yaitu kementrian kesehatan dan dinas ketahanan pangan dan gizi.

Post a Comment

0 Comments