Iklan

PKKMB UMMat 2023 Diikuti oleh 1.675 Mahasiswa Baru

Foto bersama selepas pembukaan PKKMB 2023 (FB Asbah Ambalawi)

Mataram, dimensiummat.com-Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) menyelenggarakan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023. Acara ini diikuti oleh sebanyak 1.675 mahasiswa baru yang terdaftar. Selasa, 5 September 2023.

Dalam sambutannya, Mumus Adiputra, selaku Presiden Mahasiswa UMMat, mengungkapkan tema PKKMB tahun ini, yaitu "Rekonstruksi Generasi Tangguh untuk Ummat Berkemajuan." Ia menjelaskan bahwa PKKMB merupakan evolusi dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), yang telah diubah oleh kementerian sejak tahun 2016.

Mumus Adiputra menjelaskan bahwa "tema PKKMB tahun ini merupakan bagian dari upaya pembaharuan dan perbaikan untuk generasi yang akan melanjutkan kepemimpinan. Ia juga mengutip Nelson Mandela, seorang aktivis anti apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan, yang mengatakan bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia,"

Amil, selaku ketua Panitia dalam acara tersebut, juga memperkenalkan motto PKKMB tahun 2023, yang mengusung semangat kegembiraan. Amil juga mengumumkan "distribusi mahasiswa baru ke berbagai fakultas di UMMat. Fakultas Ilmu Pendidikan Keguruan dan Pendidikan 338 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 220 mahasiswa, Fakultas Teknik 438 mahasiswa, Fakultas Pertanian 75 mahasiswa, Fakultas Hukum 222 mahasiswa, Fakultas Ilmu Kesehatan 257 mahasiswa dan Fakultas Agama Islam 125 mahasiswa," tambahnya.

Namun, Amil juga mencatat bahwa 102 mahasiswa baru belum melakukan pendaftaran ulang karena hari Sabtu merupakan hari libur. Mereka diminta untuk segera melakukan pendaftaran ulang menggunakan layanan mobil bank yang tersedia di kampus.

Taufik Hidayat selaku Ketua Korkom pada sambutannya memberikan motivasi kepada mahasiswa baru dengan mengingatkan mereka bahwa "masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa adalah momen penting dalam kehidupan. Ia menekankan pentingnya proses dalam meraih kesuksesan," jelasnya.

Sambutan Rektor UMMat Abdul Wahab pada pembukaan PKKMB 2023 ( FB Asbah Ambalawi)

Rektor UMMat Abdul Wahab dalam acara tersebut, menjelaskan sejarah UMMat dan mengungkapkan bahwa "universitas ini telah menghasilkan ribuan alumni. Saat ini, UMMat memiliki lebih dari 8.000 mahasiswa, termasuk mahasiswa baru yang dikirim ke berbagai daerah untuk belajar dan berkontribusi," ungkapnya.

Wahab juga membanggakan prestasi mahasiswa UMMat yang telah mendapatkan pengakuan internasional. "Akreditasi UMMat setara dengan Universitas Mataram (B) dan menduduki peringkat kedua setelah Universitas Mataram. Ia mengajak mahasiswa baru untuk bersemangat dan tidak khawatir dalam mengawali studi mereka di UMMat."

Baca juga : UMMAT Membuka Program Beasiswa PUTM untuk Mencetak Kader Unggul Persyarikatan Muhammadiyah

PKKMB UMMat tahun 2023 ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru dalam memulai perjalanan akademik mereka di universitas ini, dengan semangat "Rekonstruksi Generasi Tangguh untuk Ummat Berkemajuan,"Suzi.

Post a Comment

0 Comments