Iklan

Selayang Pandang Lembaga Pers Mahasiswa Dimensi Universitas Muhammadiyah Mataram

 

Lambang atau Logo LPM DIMENSI UMMAT

 

Dimensi merupakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang berada di kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang sering disapa dengan nama LPM Dimensi. Dimensi didirikan pada tahun 1999 dan diakui secara yuridis pada tanggal 21 Agustus 2000 silam dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa akan media informasi dan komunikasi yang dapat mengembangkan aspirasi dan idealisme. Dimensi juga mendidik teman-teman mahasiswa agar kompeten dalam dunia manajemen perusahaan dan teknik komputerisasi. 

 

Dalam menyediakan informasi yang teraktual, Dimensi tidak hanya menyajikan informasi seputar kampus namun juga eksis dalam menyajikan informasi di luar kampus yang layak untuk disampaikan dimuka para pembaca sebagai wacana dalam memperluas wawasan dan referensi edukasi mahasiswa. Dimensi mendidik anggota agar berkompeten dengan dunia ke jurnalistikkan 

 

Dimensi memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk menyelami pengalaman dalam kerja jurnalistik, mulai dari proses memburu berita sampai pada proses penerbitan media cetak. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini Dimensi menyajikan tulisan dalam bentuk online.Untuk meningkatkan kemampuan komputerisasi dimensi membuka ruang bagi anggota dalam bentuk planning dan pelatihan dalam bidang komputerisasi dan kemampuan basic Informatika yang dipimpin oleh para ahli dan anggota yang berkompeten di bidangnya. 

 

Untuk kemampuan manajemen perusahaan, anggota didik untuk menguasai Manajemen Perusahaan kejurnalistikkan mulai dari proses produksi media cetak sampai pada pemasarannya. Dengan beberapa tujuan di atas, menjadikan Dimensi tidak hanya sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa, namun juga menjadi ruang dalam mendidikmahasiswa agar mampu bersaing dalam dunia usaha atas tim teknologi di era globalisasi yang kian maju. 

      

Bila dipandang sebagai organisasi kampus Dimensi memberikan pengetahuan kadernya dalam kemampuan manajemen kepemimpinan dan organisasi. Sebagai pengetahuan dasar bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk tujuan dalam lembaga sosial dan pemerintahan. Dimensi sebagai organisasi juga eksis dalam memberikan program kerja yang bisa membangun kemampuan dasar mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang benar-benar mampu memerankan posisinya sebagai Agent of Change dan Agent of control. Membuka kemampuan analisis ilmiah dan responsif dalam menggambar kondisi objektif kampus. Sehingga membuat anggota Dimensi banyak terlahir sebagai organisatoris dan konseptor yang cakap dan dipandang di lingkungan kampus hijau maupun diluar kampus. 

   

Sebagai sebuah Lembaga Pers Mahasiswa Dimensi eksis mengabungkan diri dalam wadah nasional lembaga Persmahasiswa se Indonesia dengan menjadi salah satu anggota Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) wilayah NTB. Dengan mengabungkan diri bersama PPMI memungkinkan Dimensi membangun wacana  nasional dan berperan aktif dalam mengawal isu isu nasional. DI samping itu dengan bergabung bersama PPMI Dimensi bisa membangun relasi hubungan yang luas dengan lembaga di luar kampus khususnya lembaga pers kampus lokal maupun nasional. 

   

Dalam aktivitas kesehariannya Dimensi selalu mengedepankan sikap kekeluargaan dan keterbukaan bagi setiap anggotanya hingga memungkinkan setiap anggota dimensi terbangun suasana keakraban dan kekeluargaan. Memandang setiap anggota adalah teman sharing dan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Setiap anggota dijamin sangat enjoy dan menyenangkan untuk diajak diskusi baik isu kampus, akademik bahkan masalah pribadi sekalipun. Mengenai eksistensi di kampus Dimensi menjadi salah satu UKM yang dinilai mampu memberikan nilai positif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkreativitas misalnya dengan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam kemampuan menulis karya sastra maupun karya ilmiah. Salah satu bukti kreativitas Dimensi yang bisa tercapai saat ini yaitu telah mampu menyajikan buku kumpulan artikel dan kumpulan cerpen yang menggairahkan mahasiswa dalam menulis sastra maupun karya ilmiah.


Post a Comment

0 Comments