Iklan

PPK ORMAWA HM Sipil UMMAT Membangkitkan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Desa Sama Guna, Lombok Utara

Foto bersama setelah pembukaan kegiatan

Mataram, Dimensiummat.com - Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Sipil (HM Sipil) Universitas Muhammadiyah Mataram melaksanakan peresmian Desa Wisata berbasis Kearifan Lokal di desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara pada Jum'at (03/11/23). Sabtu 04 Oktober 2023.

PPK ORMAWA HM Sipil Universitas Muhammadiyah Mataram sukses dalam melaksanakan program wisata berbasis kearifan lokal di desa Sama Guna dengan menghadirkan berbagai tempat baru dan kuliner lokal untuk dikunjungi oleh wisatawan nasional maupun internasional.

Kepala Desa Sama Guna, Sutarjo, menuturkan bahwa program yang telah di laksanakan oleh PPK ORMAWA Universitas Muhammadiyah Mataram ini menjadi hal luar biasa yang mereka rasakan.

 "Alhamdulillah dengan adanya hal ini pemuda-pemuda jadi bangkit kembali yang kemarinya adem ayem. Dengan adanya PPK ORMAWA kami juga bersyukur karena semua program menggeliat dengan cepat," tuturnya.

Kepala Desa Sama Guna Sutarjo saat Sambutan

Sutarjo juga berharap program ini mampu meningkatkan kemajuan desa dan kualitas ekonomi masyarakat khususnya pada wilayah pesisir pantai. 

"Saya berharap program ini tidak hanya berhenti disini saja namun mendapatkan pendamping dari dinas-dinas terkait selain itu juga warga desa mampu menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban umum," Pungkasnya

Efendi salah satu perwakilan dari Bupati Kabupaten Lombok Utara juga menyampaikan apresiasi kepada Kelompok PPK ORMAWA dari UMMAT yang telah membangkitkan kembali semangat masyarakat dan menghidupkan kembali kegiatan yang dulunya sempat vakum.

Efendi, Perwakilan dari Bupati Lombok utara

"Alhamdulillah ya, kami sangat mengucapkan terima kasih khususnya bantuan dari adek-adek PPK ORMAWA ini. Karna dengan eksisnya kegiatan yang dulunya sempat vakum ini ini bisa bangkit kembali, Alhamdulillah kami sangat berterimakasih terutama dari pak bupati, karna ini akan menjadi salah satu desa favorit yang akan diseleksi kembali," jelasnya.

Ia berharap semoga masyarakat yang ada di Desa Sama Guna terus berkembang dan tidak berhenti dengan kegiatan yang dilaksanakan saat ini saja. "Harapan kami, semoga ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini," harapnya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan supaya terus melakukan komunikasi dengan OPD-OPD seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Dinas Perindag.

"Nanti, terus berkomunikasi dengan OPD-OPD terkait seperti Dinas Pariwisata kemudian Kebudayaan dan Dinas Perindag," harapnya.

Tim Visitasi Belmawa, Sucipto

Tim Visitasi dari Belmawa, Sucipto, menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan oleh PPK ORMAWA HM Sipil dari UMMAT tersebut sangat mantap dan keren dan memiliki paket lengkap dengan menyuguhkan kuliner, wisata, budaya dan wisata tebing nya.

"Acaranya sangat mantap keren dan di sini juga menyiapkan paket lengkap mulai dari kulinernya, tempat wisata,  budaya dan tebing dan ini juga adalah kuliner khas dari KLU," ungkapnya.

Dari banyaknya proposal PPK ORMAWA kelompok 2 tersebut sudah juara, dari 6000 lebih proposal Himpunan Mahasiswa Sipil dari UMMAT masuk urutan ke 600 dan berhasil masuk 160 besar, berpotensi mendapatkan juara.

"Seperti yang sudah kita sampaikan, ini sudah juara ya, dari 6000 lebih proposal tim ini masuk ke 600 dan sekarang masuk ke 160 besar, tim itu sudah juara. Nanti akan berlanjut ke abdi daya," sanjungnya.

Erwin, Wakil Rektor III UMMAT

Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Erwin menjelaskan bahwasanya Aktivitas PKK ORMAWA ini mampu menginspirasi ORMAWA lain untuk terlibat pada program-program yang selanjutnya sehingga terus berkembang. 

"Keberhasilan PPK ORMAWA sekarang kita jadikan role mode bagi PPK ORMAWA lain untuk mengikuti kompetisi berbasis kebudayaan," katanya.

Erwin mengungkapkan bahwa desa Sama Guna akan dijadikan desa binaan tidak hanya bagi Fakultas Teknik namun juga bagi universitas Muhammadiyah Mataram untuk menjadi tujuan pelaksanaan Program Mahasiswa lainnya. NANA

Post a Comment

0 Comments