Iklan

Tribun Lombok bincang Pemilu bersama Gen Z UMMat

 

Dokumentasi : Mata lokal

Mataram, dimensiummat.com - Pentingnya peran Gen Z dalam menentukan wewenangnya di pemilihan umum 2024.  Tribun Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) berinisiatif mengadakan kegiatan mata lokal memilih dengan tema. "Saatnya Gen Z Menentukan Pilihan untuk Masa Depan NTB". Hal itu mengundang beberapa narasumber yakni Bawaslu kota Mataram, KPU kota Mataram dan Pimpinan Redaksi Tribun Lombok sendiri. Minggu,  17 Desember 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 16 Desember 2023 di Aula FISIPOL lantai tiga, dibuka sejak pukul 09:30 hingga 12:10 dengan mengundang seluruh mahasiswa se Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dalam hal itu kegiatan yang dilakukan oleh Tribun Lombok NTB, karena melihat kesempatan pada momentum di kompetensi politik menjelang pemilihan umum tahun 2024 mendatang, bahwa gen z punya peran yang besar dalam menentukan hak pilih serta menyampaikan ide, gagasan terhadap para politisi yang mencalonkan diri baik calon eksekutif  dan legislatif.

Sedangkan dalam sambutan nya Hari Irawan Zohari selaku Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) memaparkan, peran anak muda lebih khususnya generasi z menjelang kontestasi politik pemilihan umum tahun 2024, sangat berdampak positif untuk menyampaikan berbagai ide dan gagasan produktif akan berdampak positif untuk pemimpin yang akan dipilih.

"Apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi penentu wajah baru kepemimpinan bangsa ini kedepannya seperti apa, saatnya gen z bukan hanya berbicara dalam menentukan masa depan NTB melainkan masa depan Indonesia," ungkapnya.

Kendati itu Abdi Ananta selaku ketua panitia dari Tribun Lombok dalam sambutannya, bahwa pemilihan dari semua para kandidat calon legislatif dan eksekutif kisaran 50% generasi Z mempunyai hak pilih. Karena generasi Z juga memiliki wewenang menentukan pilihannya, maka atas hal itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena momentum itu hanya berlaku sekali dalam 5 tahun periodesasi kepemimpinan.

"Dalam pemilihan legislatif dan eksekutif peran generasi Z sangat besar disebabkan hak pilihnya bahwa kisaran sebesar 50% dimiliki oleh generasi Z, temen-temen selaku mahasiswa generasi Z merupakan sebagai penentu siapa yang akan menjadi pemimpin di periode lima tahun ke depan," ujarnya

Selain itu Abdi Ananta juga berterimakasih terhadap pihak Universitas Muhammadiyah Mataram yang secara legowo karena menerima Tribun Lombok melakukan kegiatan di internal kampusnya sehingga dapat terealisasi. Kegiatan itu merupakan bagian dari bentuk untuk meningkatkan kesadaran kepada generasi guna memilih pemimpin yang tepat.(Warcep/Leyla/Licin)

Post a Comment

0 Comments