Iklan

UMMat Tingkatkan Layanan Digital Perpustakaan untuk Dukung Proses Belajar

Dokumentasi : Reporter Dimensi

Mataram, Dimensiummat.com - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mengumumkan akan meningkatkan layanan digital untuk menunjang proses belajar mengajar mahasiswa di era digital ini. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memudahkan akses informasi dan referensi akademik bagi seluruh civitas akademika. Jum’at, 21 Juni 2024.

Perpustakaan UMMAT bekerjasama dengan penyedia teknologi informasi untuk membangun infrastruktur digital yang tepat guna. Selain itu, perpustakaan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan lokakarya bagi mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkan layanan baru ini semaksimal mungkin.

Langkah ini diambil karena adanya kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan mudah di era digital. Perpustakaan UMMAT memahami pentingnya memastikan sumber daya yang memadai untuk mendukung penelitian dan proses belajar mengajar yang lebih efektif.

Ahmad Zainudin selaku kepala perpustakaan UMMAT mengungkapkan bahwa, tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memudahkan mahasiswa dan dosen untuk mengakses informasi.

“Proyek ini melibatkan kolaborasi antara perpustakaan UMMAT dengan beberapa penyedia layanan digital dan penerbit e-book. Kami juga mengundang mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam pelatihan tentang cara menggunakan sistem baru ini. Kemudian kami kenalkan beberapa inovasi layanan digital, seperti e-book, jurnal online, dan sistem katalog digital terintegrasi. Tujuannya adalah menyediakan sumber informasi yang lebih mudah diakses bagi mahasiswa dan dosen,” pungkasnya.

Lebih lanjut Ahmad Zainudin menjelaskan bahwa, Pelayanan tersebut telah di terapkan pada awal tahun 2024, dan diharapkan semua fitur tersedia pada pertengahan tahun tersebut.

“Penambahan layanan digital ini telah diterapkan pada awal tahun 2024 dan kami berharap semua fitur baru tersedia bagi mahasiswa pada pertengahan tahun ini. Kemudian layanan digital ini juga akan didistribusikan ke seluruh Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Mataram. Pada intinya inisiatif ini adalah perpustakaan kampus utama yang didukung oleh berbagai Fakultas," Jelasnya.

Dengan tumbuhnya layanan digital, Universitas Muhammadiyah Mataram berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menunjang kegiatan akademik lebih baik lagi. Almira

Post a Comment

1 Comments

  1. Mantap, informasi yang cukup menarik

    ReplyDelete