Iklan

UMMat Menjadi Tuan Rumah pada Kegiatan PEKSIMIDA Kali Ini

 

Dokumentasi : Yt UMMat Official

Mataram, Dimensiummat.com - Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) NTB menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa Daerah(PEKSIMIDA) NTB, yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Mataram(UMMat). Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 5 – 6 Juli 2024, Sabtu, 06 Juli 2024.

UMMat kali ini menjadi tuan rumah pada kegiatan PEKSIMIDA dan mengadakan 13 cabang lomba seni yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, adapun kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 5 – 6 Juli 2024.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al – Qur’an, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya serta Sang Surya. Selanjutnya laporan dari ketua panitia oleh Amil.  Amil menyampaikan beberapa hal yang mendasar dalam penyelenggaraan PEKSIMIDA di UMMat.

“BPSMI Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan para wakil Rektor bidang kemahasiswaan yang terlibat dalam acara PEKSIMIDA sepakat menjadikan UMMat sebagai tuan rumah pada kesempatan kali ini. kemudian latar belakang daripada penyelenggaraan ini adalah karena ini program daripada Kementrian Risetdikti untuk mencari bakat-bakat mahasiswa yang memiliki talenta untuk berprestasi di bidang seni, ada 15 bidang seni yang akan dilombakan. Teruntuk waktu pelaksanaan nya pada tanggal 5-6 Juli. Kegiatan ini akan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Mataram," jelasnya.

Selanjutnya Amil menuturkan jumlah peserta PEKSIMIDA yang mendaftar dari setiap perguruan tinggi dan berbagai tangke lomba.

“Peserta yang telah mendaftar pada PEKSIMIDA berjumlah  65 orang dari 6 perguruan tinggi yang berpartisipasi yaitu,  Unram 21 orang dengan mengikuti 13 tangkai lomba, UMMat 10 orang dengan mengikuti 8 tangkai lomba, Unizar 9 orang 9 tangkai lomba, STIKES Mataram 12 orang dengan 6 tangkai lomba, Stikes Yarsi Mataram 7 orang dengan 6 tangkai lomba, dan yang terakhir STKIP Taman Siswa Bima mengikuti 1 dan 1 tangkai lomba. Adapun untuk pembiayaanya adalah urunan dari perguruan tinggi yang terlibat,” tutupnya.

Selanjutnya sambutan pertama dari ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia NTB sekaligus wakil Rektor bidang kemahasiswaan UMMat, " Adik-adik, talenta kalian dibidang seni tolong dikembangkan, sehingga selain dari pada aktif di akademik melainkan juga pada karir kalian. terutama dalam rangka mengembangkan diri untuk menyongsong diri kalian pada Era industrialisasi. Jadi kegiatan ini sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan diri kalian,” Tuturnya.

Kemudian sambutan terakhir, yaitu dari Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Abdul Wahab,” Alhamdulillah kami sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang di kampus UMMat, bila ada ada hal-hal yang kurang berkenan selama ini, karena semua tidak ada yang sempurna mungkin itu yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan lancar selama acara ini, dan mudah-mudahan tidak ada kendala sedikitpun. Karena kendala yang paling berat itu biasanya seperti  mati Listrik dan lainnya, tapi semoga itu semua tidak terjadi," pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments