Iklan

HIMASTI dan HIMSIPIL UMMAT Kolaborasi Membantu Memasarkan Produk Secara Digital


 Dokumentasi : PPK ORMAWA HIMASTI & HIMSIPIL

Mataram, Dimensiummat.com- Himpunan Mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi (HIMASTI) berkolaborasi dengan Himpunan  Mahasiswa Teknik Sipil (HIMSIPIL) UMMAT mengikuti Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa(PPK ORMAWA) dan mendapatkan pendanaan dari pihak Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dengan mengusung tema, “ Pengembangan Sumber Daya Desa Maritim Berbasis Digital,” Kamis, 29 Agustus 2024.

PPK ORMAWA merupakan program yang melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi  yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. HIMASTI dan HIMSIPIL UMMAT mendapatkan pendanaan dari pihak Belmawa, kementerian Pendidikan kebudayaan riset dan teknologi untuk melaksanakan Program tersebut, dan melakukan pengabdian di Desa Segara Katon.

Husnin Mubaraqah selaku ketua kelompok   menjelaskan bahwa, untuk menghadapi perkembangan zaman, maka perlu adanya pemberdayaan Masyarakat nelayan yang lebih kreatif agar bisa mengahadapi dunia yang serba digital.

“Dengan berkembangnya zaman yang kedepannya semua akan serba digital, maka perlu untuk bisa beradaptasi terhadap perkembangan itu, maka diperlukan Masyarakat khususnya yang mata pencahariannya adalah nelayan untuk lebih kreatif. Sehingga ini adalah salah satu Langkah untuk bisa beradaptasi, mulai dari pemasaran secara digital, serta pemanfaatan potensi maritim seperti wisata Bahari,” jelasnya.

Husnin Mubaraqah juga menjelaskan terkait program kerja yang dilakukan oleh kelompoknya.

“Berbagai program kerja yang kami lakukan, yaitu membentuk kelompok pemuda sadar wisata, pengelolaan produk dari bahan dasar ikan tongkol yang dilakukan oleh kelompok Perempuan, kemudian pengembangan budidaya terumbu karang, dan yang terakhir yaitu, pemasaran secara digital hasil olahan menggunakan media sosial,” lanjutnya.

Sebagai penutup penjelasannya Husnin Mubaraqah menuturkan harapannya terkait program kerjanya.

"Harapannya dengan proker ini dapat meningkatkan Ekonomi masyarakat desa segara Katon lebih khususnya keluarga nelayan dalam pengolahan hasil penangkapan ikan menjadi produk yang siap di pasarkan secara luas," tutupnya. ERLYN

Post a Comment

0 Comments