Iklan

HM SIPIL UMMAT Kembali Mengembangkan Desa Wisata Sama Guna

Dokumentasi Reporter Dimensi 

Mataram, Dimensiummat.com - Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMMat berhasil mendapatkan pendanaan dari Dit. Belmawa, Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi untuk melaksanakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA). Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMMat untuk tahun ini, berfokus pada Program dengan tema “Strategi Pengelolaan Desa Wisata Yang Berkelanjutan Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat” yang bertujuan untuk mengembangkan potensi alam dan budaya di setiap Dusun yang menjadi sasaran di Desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. 

Lalu Hirwandi selaku Ketua PPK ORMAWA HM Sipil, menjelaskan bahwa program ini merupakan program lanjutan dari Tim PPK ORMAWA HM Sipil tahun 2023 dalam mengembangkan potensi alam Desa Sama Guna.  

“Destinasi Wisata Sama Guna ini memiliki objek wisata yang sangat diminati pengunjung karna wisata nya yang berbasis kearifan lokal, dan juga banyak destinasi wisata di Sama Guna yang belum dikelola secara maksimal. Oleh karna itu untuk tahun ini tim PPK ORMAWA HM sipil akan membuka beberapa destinasi wisata baru yang bertujuan mengembangkan wisata untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat desa,” jelasnya.

Pada tahun ini Tim PPK ORMAWA Himpunan Mahasiswa Sipil UMMAT juga melakukan peningkatan SDM dengan mengadakan berbagai macam Penyuluhan dan Pelatihan serta menambah jangkauan jaringan kemitraan untuk keberlanjutan desa wisata Sama Guna. 

Tim PPK ORMAWA HM Sipil tahun ini juga membentuk Pokdarwis dalam mengelola wisata yang baru dikembangkan di antaranya yaitu wisata MOUNTAIN BIKE dan PONDOK SUNSET MURSTRAJI.

Zul selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, turut memberikan apresiasi sekaligus sangat mendukung terkait dengan kegiatan tersebut. 

“Tentunya kami dari Dinas pariwisata sangat mendukung program adik-adik dari Tim PPK ORMAWA HM Sipil karna memang sebelumnya juga sudah terlaksana kegiatan yang sama. Dan di Desa Sama Guna ini juga masih banyak potensi wisata yang belum di manfaatkan, maka dari itu kami dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara sangat-sangat mengapresiasi dan sangat mendukung dalam keberlangsungan program ini,” ucapnya.

Bujianto selaku Sekretaris Desa Sama Guna menyampaikan sangat antusias dan merasa terbantu dengan adanya TIM PPK ORMAWA HM Sipil yang telah menunjang keberlangsungan Desa wisata Sama Guna.

“Kami dari PEMDES khususnya saya juga sangat mengapresiasi sekali karna di tahun ini, Desa Sama Guna kembali mendapatkan program yang sama, oleh itu kami dari PEMDES Sama Guna sangat antusias dan merasa terbantu dikarenakan untuk tahun yang akan datang, kami juga memiliki gambaran program dari adik-adik TIM PPK ORMAWA HM Sipil untuk menunjang keberlangsungan Desa wisata Sama Guna,” imbuhnya. Erlyn

Post a Comment

0 Comments