Iklan

PPK ORMAWA BEM FAPERTA Perjuangkan Ekowisata Kerujuk Untuk Bangkit Kembali

Dokumentasi : Reporter Dimensi

Mataram, Dimensiummat.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FAPERTA-UMMat)  berhasil mendapatkan pendanaan dari Dit. Belmawa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk melaksanakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA).

Program ini berfokus pada tema “Pemberdayaan Masyarakat dalam pengembangan Based Digital Ecotourism untuk mewujudkan SDG's 2030” yang bertujuan memberdayakan masyarakat Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Jum’at, 30 Agustus 2024.

Abdul Faruk, Ketua PPK ORMAWA BEM FAPERTA, menjelaskan bahwa program ini didesain untuk memberdayakan masyarakat lebih khususnya Pokdarwis untuk rebranding Ekowisata Kerujuk serta membranding produk lokal melalui Media sosial atau lebih sering kita kenal digital Marketing.

"Ekowisata Kerujuk ini merupakan salah satu jantung utama dari masyarakat kerujuk. Karena memang roda perekonomian masyarakat sangat terbantu ketika Ekowisata Kerujuk ini masih aktif. Namun, akibat dari Gempa Bumi dan Covid-19 membuat Ekowisata ini vakum dan mulai agak jarang dikunjungi. Ini menjadi PR besar, sehingga kami ingin memperjuangkan Ekowisata Kerujuk ini agar eksis kembali melalui sosial media karena sosial media sangat berpengaruh untuk saat-saat ini," ujarnya.

Terdapat beberapa Program kerja (Proker) yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut yaitu, Pembentukan kembali kelompok sadar wisata yang berfokus pada pemberdayaan pemuda dan melek digital, Pengelolaan produk lokal yang berasal dari kelompok Wanita, Pemasaran produk olahan secara digital melalui website, media sosial serta E-commerce.

Fadli selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata KLU, turut memberikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut karena telah memberikan banyak inovasi yang lebih baik untuk Ekowisata Kerujuk.

“Tentunya kami dari Dinas Pariwisata sangat mendukung program dari adik-adik ini (PPK ORMAWA BEM FAPERTA. Red). Terlebih Lagi Kerujuk merupakan salah satu destinasi Wisata daratan yang dekat dengan daerah 3 Gili sehingga sangat potensial jika kita kembangkan lagi. Apa lagi adik-adik ini punya inovasi yang lebih baik untuk Ekowisata Kerujuk,” jelasnya.

Harjono selaku Sekretaris Desa Menggala juga mendukung kegiatan dari PPK ORMAWA BEM FAPERTA karena program-program yang laksanakan selaras dengan Visi Misi PEMDES MENGGALA.

“Kami atas nama PEMDES MENGGALA, sangat apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan PPK ini, selama ini yang kita kenal dari Kampus, program hanya KKN dan PKL. Kami sangat mendukung program yang dilaksanakan, di mana program-programnya selaras dengan Visi Misi PEMDES MENGGALA, sehingga kami bisa berkolaborasi dalam percepatan Pembangunan, Khususnya di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” pungkasnya. RAIN

Post a Comment

0 Comments