Iklan

Prodi Teknik Sipil dan STI UMMat Lolos Pendanaan PKM-KC, Kembangkan Aplikasi SIPEKERJA

Dokumentasi : Reporter Dimensi

Mataram, Dimensiummat.com - Prodi Teknik Sipil dan Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) UMMat berkolaborasi untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta(PKM-KC) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) dan lolos tahap pendanaan mengembangkan software PKRMS. Jum’at, 19 Juli 2024. 

PKM-KC adalah program pengembangan yang didorong oleh kreativitas dan pemikiran mahasiswa, bersifat membangun dan menghasilkan sistem, desain, model atau barang, prototipe, dan sebagainya.

Prodi Teknik Sipil dan STI UMMat merupakan salah satu tim PKM-KC yang lolos tahap pendanaan dengan mengembangkan software PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System) pada Program Kreativitas Mahasiswa 2024, dan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK).

Khendy Marsa Duta Pratama selaku ketua tim tersebut menjelaskan PKM tersebut masuk dalam katagori PKM-KC dimana timnya berhasil membuat sebuah pengembangan software PKRMS menjadi sebuah aplikasi android yang disebut SIPEKERJA (SIstem PEndataan KERusakan JAlan)

"PKM kami masuk dalam katagori PKM-KC dimana tim kita itu buat sebuah pengembangan software PKRMS menjadi sebuah aplikasi android yang disebut SIPEKERJA (SIstem PEndataan KERusakan JAlan)," jelasnya.

"Pengembangan ini kita lakukan agar mempermudah dalam penanganan pendataan jalan yang semulanya masih ribet jika memakai software soalnya kan kalau pakai software itu harus input data secara manual nah karena adanya aplikasi SIPEKERJA ini jadinya lebih memudahkan,” tambahnya.

Lebih lanjut Khendy menambahkan bahwa sekarang aplikasi tersebut masih dalam proses pembuatan dan aplikasi SIPEKERJA dapat diakses di Play Store nantinya.

“Kami akan melakukan pelatihan secara langsung untuk penggunaannya, sebelumnya kami telah melakukan pengujian aplikasi itu 2 kali, dan untuk uji coba secara menyeluruh kami lakukan pada hari minggu, tapi sejauh ini aplikasinya masih dalam proses pembuatan, sudah sampai 90%, jadi akan segera di rilis, dan nantinya aplikasi ini bisa diakses lewat Play Store," imbuhnya. ALMIRA

Post a Comment

0 Comments